Pengalaman Jatuh Bangun 2023

Saya sering bilang saham by nature pasti berfluktuasi, sehingga sangat wajar bila porto kita bergejolak. Bila anda ingin stabil ya silahkan deposito, namun tentunya harus puas dengan yield yang diberikan. Dalam 2 tahun terakhir ada 3 kali saya mengalami kejatuhan. Angka dibawah bukanlah angka real (ada skala), namun merepresentasikan kondisi real.

Kejatuhan 1 (2,5 ke 2,0)

Porto saya ATH di 2,5 saat Nov 2021. Saat itu WIKA saham kesayangan saya karena memang story nya banyak yang menarik. Apalagi konstruksi by nature akan kebanjiran job dan revenue di Q4. Namun karena satu dan lain hal hal tsb tidak terjadi. Diiringi penurunan emiten pegangan lain seperti ISSP dkk, maka porto saya sempat tueun ke 2,0 di Feb 2022. Namun setelahnya boost ke 4,5 di Juni 2022. Utamanya ditopang SMDR. Dimana ini membawa ke kejatuhan berikutnya.


Kejatuhan 2 (4,5 ke 3,1)

Kalau kejatuhan 1 terjadi dalam 3 bulan, yang kali ini terjadi tidak sampai sebulan. Imagine porto hilang 1/3 dalam waktu singkat, tepatnya dari Juni 2022 ke Juli 2022. Saya jujur salut dengan diri saya sendiri karena pada periode tersebut kuliah saya tetap berjalan baik, usaha les matematika tetap jalan normal, dan tetap konsisten olahraga. Jadi saya tetap paksakan diri untuk jalankan hari dengan produktif, meskipun deep inside saya stress berat. Konteksnya kehilangan uang diatas setara income saya mengajar lebih dari 2 tahun. Namun setelahnya boost ke 5,5 di Okt 2022 thanks to MEDC, PNLF, dan emiten coal. Dimana ini membawa ke kejatuhan ketiga.


Kejatuhan 3 (5,5 ke 3,8)

Porto yang sempat ATH di Okt 2022, kembali harus turun 1/3 nya di Maret 2023. Saya yakin anda smeua masih ingat apa yang terjadi. GOTO turun, window dressing pertama kali batal dalam 10 thn, harga coal turun drastis. Ditambah terjadinya kasus SVB dkk yang cukup parah. Saya memiliki komunitas saham bernama Filbert Gameplan dan sering mengedukasi melalui IG Filbertf7. Dan masih sangat menempel di benak saya, tiap saya IG live (edukasi gratis di channel orang), ada saja caci maki kata kata binatang dan kelamin. 


Disini saya belajar suatu pelajaran. Ketika saham anda naik, mayoritas orang tidak akan ingat dengan anda dan memilih menikmatinya sendiri. Namun ketika saham anda turun, banyak orang akan mencari tumbal dan sangat wajar bila kita disalahkan. This applies tidak hanya pada strangers, namun juga pada friends and family. That's human nature after all.


Penutup

As of today untungnya saya sudah jauh dari recover. Bahkan lebih dari 4x. Lebih ke faktor luck saja kok. Namun ada suatu quote bagus yang ingin saya bagikan. "The harder I practice, the luckier I get". Intinya jatuh bangun itu pasti. Namun kalau di film rocky, yang penting adalah moving forward setelah mengalami kejatuhan. Hasil tidak menghianati usaha. Happy Sunday.

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)