Site Visit+ Valuasi ARNA

Thanks a lot to Stockbit, sudah memberi kesempatan untuk bisa site visit ke ARNA. Saya bisa bilang pengalaman sangat berkesan, dijamu sangat baik. Dan saya sengaja jalannya nempelin orang ARNA didepan, jadi bisa dijelasin one on one. (Dibanding yg 6 investor ngerumunin 1 orang ARNA). Memang beda rasanya kalau lihat di youtube and baca LK dengan melihat secara langsung proses pembuatannya. 


Bagi yang belum baca bisa lihat di Ulasan ARNA. Oke in short ini emiten transparan banget and berada di tangan yg tepat. Rencana ekspansi kedepan sesuai dengan yg dipaparkan, dimana Homogeneous Tile yang margin nya besar akan contribute 20% revenue, 3 tahun kemudian. Room to grow nya juga gede dengan growth HT di kisaran 6%/ tahun, dibanding keramik biasa yang 3%/ tahun. Selain itu emiten ini lean banget dan zero waste. Contohnya gas yang ga kepakai saat pembakaran, akan ditampung untuk dipakai ulang. Nah terkait gas, efisiensi perusahaan dimana 5 tahun lalu perlu 2000, namun sekarang hanya perlu 1350 (quantity). Namun kedepannya disini sudah agak mentok, jadi tidak bisa harap efisiensi gas lebih dimasa mendatang. Selain itu bahan keramik yang ga kepakai juga akan dihancurkan dan dipakai ulang. Btw bahan baku keramik itu campuran dari banyak ingredients, utamanya tanah yang agak lengket and pasir.


Valuation

Bila di artikel sebelumnya saya bilang valuasi kurang menarik, saya ingin update terkait hal tersebut. Simplenya bisnis sebagus ARNA saya hargai dengan PER wajar 13x, ya sama lah dengan view saya terhadal MAPA. Dengan laba 2024 850M dan PER wajar 13x, maka valuasi ARNA 1500/ lembar. Ini tapi valuasi untuk Maret 2025 ya ketika LK 2024 rilis.


Kalau beli di 900, potensi upside 67% dalam 2,5 tahun. Apakah tertarik? Bila iya, maka ini bisa dijadikan salah satu core stock (long term investment) anda. Sekian untuk kali ini, singkat saja ya. Selamat malam dan Tuhan memberkati kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023