Prospek Saham PT Ultra Jaya Milk (ULTJ)

Tidak dipungkiri bila produk ULTJ dicintai oleh semua kalangan usia, including saya sendiri fans berat Ultra Milk putih dan coklat. Well ini sudah 1 indikator positif. Seperti kata Peter Lynch, buy what you know, know what you buy. Tanpa berlama lama mari kita bahas. 

Wonderful Company

ULTJ ini bisa dijadikan legacy stock karena merupakan wonderful company. Adapun ciri dari wonderful company adalah:

1. Bisnisnya sederhana, jualan ke konsumen akhir.

2. Hutang berbunga rendah. Gearing ratio ULTJ sendiri hanya 16,5%. Patokan low adalah dibawah 40%.

3. Kinerja konsisten 5 tahun terakhir. GPM stabil di kisaran 35% dan NPM stabil di kisaran 15%.

4. Membayar dividen (tidak checklist).

5. Too big to fail. Perusahaan merupakan market leader dengan market share susu UHT 35% dan teh 70% (teh kotak). Untuk market share teh, bisa dilihat detailnya di comment, agar tidak misleading.

6. Bisnisnya fokus pada expertisenya. Tidak ekspansi aneh aneh yang merugikan.

7. Manajemen jujur. Saya mengetik "ULTJ kasus" di google, dan hasil pencarian aman. Saya juga mengetik "prawirawidjaja (owner) kasus", dan ditemukan hasil complaint customer dimasa lampau karena dia membeli produk kadaluarsa (salah customer). Namun manajemen menyelesaikan dengan baik dan very supportive. Customer is king.


Business Model

Perusahaan memiliki 3 lini usaha utama, dan proses produksinya sudah terintegrasi dan terotomatisasi secara baik. Penjualan perusahaan hampir semua nya lokal, dengan kontribuso ekspor sangat kecil so bisa diabaikan dulu for now. 


1. Susu UHT (74% revenue): Pertama perusahaan mendapat pasokan susu segar dari sejumlah koperasi susu lokal, dan juga peternakan milik sendiri di daerah Bandung (ada 3000 sapi perah). Selain itu perusahaan juga menjalin kerjasama dalam menjalankan peternakan di daerah Sumatera Utara. Artinya dari sisi supply, aman. Nah bahan mentah tersebut akan diantar, didinginkan, dan disimpan. Susu mentah kemudian akan diolah mesin pabrik menjadi barang jadi. Terakhir, barang jadi akan di distribusikan ke konsumen akhir. Tahap distribusi ini sangatlah penting dan kebetulan jaringan distribusi perusahaan sangatlah luas, namanya juga market leader. 


2. Teh Kotak (19% revenue): Perseroan mendapat supply daun teh dari mitra yang memiliki kerja sama jangka panjang dengan pusat penelitian teh. Hal tersebut guna menjamin kualitas daun teh yang didapat. Bahan baku kemudian akan diolah mesin menjadi barang jadi, sebelum di distribusi ke seluruh pelosok Indonesia. And again, dsitribusinya bisa dikatakan very very good. 


3. Others (7% revenue): Salah satunya adalah kepemilikan perusahan pada keju Kraft. ULTJ memiliki 30% saham disana. Namun sayangnya posisi Kraft yang dulunya merupakan market leader di industri keju, telah disalip oleh pesaing kuatnya yaitu Prochiz (grow double dalam 5 tahun). Why? Simply karena harga Prochiz lebih murah, namun rasanya kurang lebih. Harga Kraft 1,5x harga Prochiz. Nah soal ginian anda bisa pakai teknik simple namun efektif yang selalu saya gunakan. Namanya teknik tokopedia. Anda buka tokped, ketik nama produknya, dan catat harganya. Oiya segmen ini juga include susu bubuk dan susu kental manis.


Growth Driver 

Di bagian ini, saya akan bahas dari segi susu UHT saja ya, karene merupakan sumber utama pendapatan perusahaan. Namun in general applicable ke segmen usaha lainnya juga. Perusahaan dapat bertumbuh melalui 2 cara. Yang pertama adalah mendapatkan persentase market yang lebih besar. Yang kedua adalah bila marketnya sendiri bertumbuh. Kita bahas satu satu ya. Singkatnya, ada yg bikin saya kurang srek disini.


Market share ULTJ dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

2019: 40%

2020: 40%

2021: 35%

Loh kok agak bahaya ya. Namun kalau kt lihat 2 kompetitor utamanya juga berkurang lo market sharenya. Dari 2019 vs 2020 vs 2021, Frisian Flag (21%, 20%, 18%) dan Indomilk (18%, 17%, 15%). Lantas apa penyebab market share big 3 di UHT ini turun?


Kompetitor Baru: Milku

Jawabannya adalah muncul brand baru bernama Milku (under Wings Group). Harganya bisa dicek di Tokped, memang murahnya sadis sekali. Nah tidak heran bukan kalau Milku yang merupakan pemain baru, bisa mendadak memiliki market share 9%? Lantas apakah ini berbahaya untuk ULTJ? Jelas iya, what if kedepan jaringan distribusi Milku semakin luas. Ingat Wings group bukan grup kecil lo, sehingga koneksonya tentu bagus juga. Customer yang ekonominya menengah kebawah, kemungkinan akan switching ke Milku ini. 



Konsumsi Per Capita ???

Nah disini saya lihat kesamaan kaya emiten poultry. Samanya dimana? Intinya konsumsi per capita suus Indonesia masih rendah, bila dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Sebagai pembanding, anda bisa lihat gambar dibawah. Namun saya sendiri entah kenapa kurang suka berharap yang ginian, karena bisa saja memang lifestyle, culture, and daya beli kita berbeda dengan mereka. Dan soal ginian sulit untuk bisa instant change. Bila anda bilang, 2020 tumbuh signifikan, itu karena pas awal covid banyak ibu ibu yang membeli susu dengan anggapan meminum susu akan menurunkan peluang terkena covid. Saya sendiri menilai market size in the long run akan grow sekitar 4%/ tahun. 


Valuation

Nah ini bagian kesukaan setiap orang. Namun saya sengaja menaruhnya di paling belakang, karena valuasi wajar hanya bisa dilakulan setelah kita mengerti bisnis perusahaan. Saat ini perusahaan dihargai 1460/ share, yang melambangkan PER 14,5x. Revenue perusahaan sendiri tumbuh dengan CAGR 8%, dalam 5 tahun terakhir. Nah pertanyaannya adalah apakah pantas company dengan growth 8% dihargai segitu? Jawabannya adalah pantas, karena dia market leader. Berapa harga wajar ULTJ dimata saya? Dia kan bergerak di bidang consumer goods, sehingga lebih defensive, dan pantas dapat valuasi premium. Dan jawaban saya ya kurang lebih di harga sekarang, sehingga kalau saya pribadi mungkin mencari opportunity lain yang menawarkan potensi upside lebih menarik. Btw ULTJ ada saham treasury, yang kemungkinan ditujukan untuk dijual kembali ke market. And di LK 2021 (and periode lain), ada laba lain lain yg nilainya material, namun tidak di disclosed kejelasannya. Bila anda berminat atau sdh ada posisi di ULTJ, bisa coba gali lebih dalam atau email corsec terkait kejelasannya (kalau saya kan gaminat hehe).


Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan Tuhan memberkati.


Salam Cuan,

Filbert

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023