Story Behind SMDR

Sebelum artikel ini dimulai, saya warning dulu jangan beli SMDR di harga saat ini (3500). Harganya sudah di apresiasi market dan risk vs reward saat ini tidak sepadan. Instead target audience saya adalah holder SMDR yang ingin menguatkan conviction dan investor bijak yang ingin memperluas wawasan.

Well, here we go. Big boss (Pak Bani) nambah trus. Hari ini keluar laporan Pak Bani yang beli bahkan di harga 3240. Insiders are buying artinya good sign? Disini saya akan sharing sedikit terkait SMDR dan diharapkan dapat memantapkan investment thesis anda.


BIG WHY???

Sebelum covid terjadi oversupply kapal yang mengakibatkan freight rate rendah. Alhasil perusahaan perkapalan membukukan kinerja buruk. Bila anda penggemar siklikal, ini indikator bagus. Satu per satu pemain akan runtuh, kapal mereka yang sudah usang dan menganggur di scrap. Less competition, good bukan? Dan datanglah covid. Demand shipping menurun drastis, lockdown dimana mana, ekonomi dipaksa berhenti pada jalurnya. Semakin banyak pemain gulung tikar yang akhirnya kapalnya di scrap untuk melunasi hutang. And now, let the good time begins. But before that ingat kalai supply pada saat ini sudah jauh berkurang. 



Pemulihan ekonomi China lebih cepat dari perkiraan, dan pada saat bersamaan belahan dunia yang lain masih lockdown dengan ketat. Barang keluar dari China jauh lebih banyak dari barang masuk ke China. Alhasil banyak kontainer kosong yang menumpuk di pelabuhan Amrik (dan negara lain juga). To make matter worse, pada saat yang bersamaan sedang terjadi The Great Resignation. Yup sesuai namanya, banyak sekali orang alih profesi di Amrik sana. Dan salah satu profesi yang ditinggalkan ya supir truk ini. Jam kerja yang sangat tidak bersahabat dan ingat, anda tidak dibayar disaat menunggu. And melanjutkan story diatas, pelabuhan amrik yang mandek disertai pelabuhan yang understaff artinya apa? Supir truk bisa harus menunggu 8 jam ++ sebelum bisa mendapat gilirannya. Apa solusinya? Perusahaan di US sana mulai menawarkan starting salary 90K USD (2x gaji fresh grad business analyst) untuk supir truk. Dari sini seharusnya anda mendapat gambaran, seberapa parah kondisi di US sana. 


Dampaknya apa? Pengiriman yang seharusnya memakan waktu 20 hari, sekarang bisa jadi 40 hari karena banyak parkirnya (macet).  Solusinya apa? Perbanyak kapal, beres. Masalahnya kapal sudah banyak yang di scrap. Loh, tinggal order baru, beres dong? WRONG!!! Kapal yang baru diorder akan di deliver paling cepat di second half 2024 dan awal 2025. Itu saja? Tentu tidak. Harga kapal baru saat ini, 5x pre covid level. Trus SMDR ada kapal baru tuh (ada tanker dan container ship), beli di harga tinggi dong? Kapal baru SMDR dibeli sebelum smua ini terjadi, alias di harga bawah. Dan Pak Bani (CEO SMDR) sendiri mengatakan tidak boleh nafsu memesan kapal baru lagi (di harga atas). 


Index Menurun?

Yes, World Container Index memang saat ini berada di 7600, turun dari peaknya yang sempat tembus 10 ribu. Alasannya kenapa? Salah satu kontributor utamanya adalah China lockdown, artinya keran keran ekspor lagi pada dipaksa mampet saat ini. Now imagine apa yang akan terjadi saat keran tersebut dibuka. Voila, u know the answer. Objection lain mungkin adalah bagaimana bila kondisi supply chain membaik di second half 2022? Ya tidak masalah, artinya global trades akan semakin meningkat yang semakin push demand. Ingat, setelah banyak terjadi merger and acquisition dan rontoknya beberapa pemain, shipping industry saat ini adalah oligopoly (Top 5 memegang 65% market global). Common interest mereka adalah to keep the rate high. 




SMDR Sexy Story

Artinya, perusahaan akan riding the waves setidaknya sampai second half 2024. For 2022 aman joss (semoga pendapatan bisa $1 Miliar). Oh one more thing. SMDR saat ini full kapasitas hingga harus nolak nolak orderan. Pak Bani sendiri bilang kalau orang ada kapal nganggur, beliau akan ambil kapalnya (sewa untuk dioperasikan). Good bukan? Lalu kapan exit? Lagi asik asik pesta, kok mikirin pulang cepet. Maybe pas dia 4200+, saya akan consider kembali. I'm late to the party, tapi I can still enjoy it. Pertama 945 masuk 2000 lot, lalu 1700 nambah lagi, dan terakhir nambah banyak di 2180. Kalau anda benar percaya pada suatu saham, anda akan average up trus sehingga persentase gain akan mengecil (namun nominal akan besar). Bila tidak, maka itu adalah luck (ya tetap disyukuri). Semoga bermanfaat dalam menambah conviction anda. Cheers ✌️


Salam Cuan,

Filbert


Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023