Update ITMG Juni 2022

Berikut adalah beberapa highlights dari ITMG

*Dari sisi volume, produksi tahun ini masih on track, sekitar 18 juta ton. Meskipun Q1 dan Q2 hanya 3,8 juta ton (expected), namun akan dikejar di Q3 dan Q4.

*Dari sisi sales, diperkirakan 21 juta ton.

Dari data diatas, kita bisa hitung hitungan berikut. Anggap saya manusia yang sangat konservatif, saya asumsikan ASP $150 untuk FY22, padahal kt tahu Q1 saja segitu, dan Q2,3,4 seharusnya jauh diatas itu, mengingat tidak ada larangan ekspor coal dan juga index yang semakin tinggi. Dengan asumsi cost (all in) $80/ ton, maka net profit/ton= $70. Dengan sales volume 21 juta ton, maka profit before tax ITMG adalah $1,47 Miliar. Tax rate 22%, maka laba bersih setara $1,15 Miliar. Bila kita convert ke rupiah maka akan didapat angka 17T.


Sedangkan berapa Market Cap saat ini? Hanya 36T yang berarti forward PE 2,1x. Menarik bukan? Bagaimana bila anda ingin otak atik hitungan diatas, misal ya anda asumsikan net profit per ton nya $85. Ini masih sangat wajar lo. Maka anda akan mendapat angka (85/70)*17T= 20,6T, yang berarti forward PE 1,75x. Sadis boss haha.


Oke itu bagian hitung hitungannya ya. Skrg kita bahas random stuff tambahan.

*Berapa shipping cost (ditanggung customer). Bila ke China adalah $12/ ton, dan ke Eropa $25/ ton. Angka ini naik sekitar 40% dari awal tahun. Kalau durasi? Ke China sekitar 14 hari, ke Eropa 40 hari. Itu sebabnya saya pribadi tidak terlalu berharap akan orderan Eropa. Karena ya pembeli tentu lebih prefer beli dari toko yang cepat sampai (lokasi dekat). Bila terjadi pun, seharusnya tidak begitu material. Kalau malah material, nikmat apalagi ini.

*Berapa dividen? Anda hitung saja laba Q1 dan Q2 estimasi berapa. Lalu anda kalikan ya misal DPR 80%. Kalau kita asumsi laba 7,5T, maka dividend akan bernilai 5.300/ lembar.

*Sampai kapan coal tinggi? At least sampai Juni 2023. Happy kan?

*BLU impact gimana ke ITMG? Gagitu impact sih. Karena ITMG jual untuk DMO itu pas di 25%, so tidak akan menerima kompensasi bila kelebihan jual. Nah yang disini diuntungkan siapa? Tentu anda semua tahu, PTBA akan sangat diuntungkan. Toh memang kalau jual ke PLN di harga 70, jual ke China di 200, kasian PTBA dong diminta berkorban trus. Untuk ulasan detail BLU, sudah banyak yg bahas di stream PTBA, bisa anda baca baca. Meski saya tidak hold PTBA, ya kita tetap doakan yang bagus untuk mereka ya.

*Dari DMO 25% produksi, setengahnya dijual ke PLN di harga 70, setengahnya lagi ke smelter at market price.


Sekian dulu ya. Sehat selalu dan Tuhan memberkati. 


Salam Cuan,

Filbert

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023