Update SMDR: RUPS & PUBEX 2022

Disini saya ingin menginfokan agar kita semua bisa lebih bijak dalam membuat keputusan. Saya sudah sell kah? Belum lah. Kan sudah saya bilang, fluktuasi jangka pendek diluar kendali dan memang saya ga peduli. Saya pedulinya kinerja and prospek, dan itulah yang akan kita bahas skrg. Here we go.

*Dividen

DPS 50, kecewakah? Ya iyalah, saya pikir bakal 160 padahal. Dan saya yakin anda juga kecewa. Skrg pertanyaannya itu cash sebejibun $270 juta buat apa? Gambarannya seperti berikut.


SSL (anak sekaligus sumber pendapatan dan aset SMDR) oper duit ke bapaknya sekitar 163/ share bulan lalu. Nah dari 163 ini, 50 bagi dividen. Sisa 113 buat apa? Katanya sih ini buat ekspansi di segmen Ports nya SMDR (pelabuhan yg di Indo, jadi bukan under SSL).


Nah pertanyaan kedua yg bisa ditanya, itu duit sebejibun yg dipegang sama SSL (Singapura) buat apa? Katanya sih buat ekspansi, cuma paling capex brp duit kan. Katanya lagi sih buat menjaga rasio keuangan, dan juga mau deleveraging sebagian (lunasi hutang berbunga sebagian). Saya sendiri agak disappointed disini. Next ya.


*Laba per bulan (juta dollar)

Jan= 16,1

Feb= 20,5

Mar= 22,0

Apr= 14,2 

Mei= 22,0


Dapat dilihat ternyata laba di bulan Mei sangat bagus. Bagaimana dengan Juni? Harusnya lebih bagus lagi. So dari sini green light.


*Future Earnings

Yang saya kaget disini. Surprisingly good. Kita pakai logic simple ya ASP*Volume. Dari sisi ASP, kita pikir pada turun kan, index yg bisa digunakan adalah China Containerized Index (google de). Namun ternyata ASP SMDR tidak turun, alias freight rate nya tetap tinggi. Once again baca ini, freight rate nya TETAP TINGGI, TIDAK TURUN. Hebat kan? Sangat hebat lah ini, clap hands. Btw rute yang paling profitable itu adalah daerah India, Bangladesh, Kamboja dan kalau domestik itu yg dari Semarang. 


What about volume? Kalau waktu dulu saya tulis mereka sangking banyak orderan, sampai nolak nolak customer, what about now? Infonya adalah malah makin banyak lagi dari customer. And China buka lockdown berimpact baik bagi SMDR. SMDR secara jumlah kapal juga fleksibel, misal skrg ada 28, bisa aja kuartal berikutnya jadi 31, lalu jadi 35 (tinggal sewa bila demand lagi bagus). Disisi lain bila demand menurun maka gausa perpanjang masa sewa beberapa kapal, misal ceritanya dari 35 tadi turun ke 32. Nah as of today demand gile sekali, masih nolak nolakin customer, dan kalau org punya kapal nagnggur, dengan senang hati SMDR sewa. Jadi dari segi future earnings akan wonderful.


Kontrak gimana? Terkait harga kontrak, kata perusahaan bukanlah floating seperti yg anda bayangkan. Saya kasih contoh saja ya. Misalkan kita kunci kontrak dengan PT X di harga 1000, durasi 3 tahun. Ya artinya harga akan terus segitu. Baru pas masa nya selesai, akan dilakukan negosiasi ulang terkait harga extension, yg durasinya sebut saja 2 tahun. Perusahaan ada juga ambil spot (order satuan), namun tidak banyak. 


Tanker gimana? Katanya ada 10 tanker (skrg harusnya nambah 1 yg dari India, jadi 11). Tanker disini bukan membawa Crude Oil, namun mayoritasnya adalah membawa chemical (oil ada, cuma dikit banget). Namun dari segi kontribusinya masih sangat minim, maka kita tidak perlu terlalu terlalu pusingin.


*Capex & Cash

Capex realized $43 juta. GAC sudah 100% under SMDR (dulu 50%), ada juga tanker international (yg dari India). Ada 1 tanker serupa (gede) yg masih otw. Ada 2 kapal container juga otw, akhir tahun datang. Btw kalau angka capex yg anda lihat, ingatlah itu adalah harga bawah ya, yang sudah deal dari beberapa tahun lalu. Cash Mei 2022 ada $270 juta, ya kita berharap saja dengan minimnya dividen yang dibagikan, perusahaan dapat make good use of this money. Semoga ya, semoga. Btw bakal ngurangi utang berbunga juga katanya. Namun paling brp duit doang ini mah. 


*Kapan Stock Split ???

Jadi untuk SS, perlu memenuhi beberapa persyararan. Nah ada 1 yg blum terpenuhi, yaitu valuasi perusahaan oleh KJPP (appraiser). Katanya sih dalam 1-2 bulan kedepan akan done, setelahnya barulah akan RUPSLB.


*Conclusion

Surprisingly saya tidak ada rasa sedih sedikitpun ketika dia ARB hari ini. Why? Karena saya tahu kalau kinerja Q2 akan sadis (rate masih tinggi, volume malah naik), dan Q3 dst juga makin sadis. Disinilah pentingnya conviction dalam memegang saham, so bukan hanya ikut ikutan orang. And yes saya masih hold SMDR. Bila anda kecewa dengan dividen atau anda tidak nyaman bila harus dibanting, saran saya adalah sell saja dulu. Namun bila anda punya conviction dan mental baja, let's hold together (or even nambah). Sehat selalu dan Tuhan memberkati.


Salam Cuan,

Filbert

Comments

  1. Setuju.. conviction sedang diuji karena per 1 july turun cepat sekali semenjak rups 29 juni..

    Harga wajar dimana ya kira2 pak ?
    Kalau sederhananya nya dr PE band average 3 tahun ada di 6000 an

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023