Apakah SIDO menawarkan opportunity?

Short answer: No, kecuali bila horizon anda diatas 5 years. Otherwise SIDO baru mulai menarik di harga 600. Meski sudah ARB karena LK dibawah ekspektasi, valuasi saat ini masih tergolong premium. Disini kita akan membahas apa penyebab penurunan kinerja Q2 terlebih dahulu, sebelum membahas prospek kedepenannya. Here we go.

Segmen bisnis SIDO terbagi menjadi 3 yaitu jamu herbal (61%), makanan dan minuman (34%), dan farmasi (5%). Pada tahun 2018-2021, SIDO berhasil membukukan pertumbuhan penjualan pada ketiga lini usaha beserta CAGR nya:

-Jamu herbal: 1,84T jadi 2,69T (13,3%)

-F&B: 819M jadi 1,19T (13,2%)

-Farmasi: 100M jadi 137M (11%)


Pertumbuhan penjualan perusahaan meski menarik, disertai efisiensi perusahaan (margin expansion) menjadikan laba SIDO bertumbuh pesat setiap tahunnya. Alhasil perusahaan diapresiasi market dan diperdagangkan pada PE diatas 20x. Sayangnya ada 2 hal buruk yg terjadi saat ini. 


Pertama penjualannya yg seharusnya naik malah menurun, ibarat kereta yang berjalan kencang tiba tiba rem mendadak, maka penumpangnya akan kaget dan complaint bukan? Hal serupa pernah terjadi di tahun 2017, namun perusahaan berhasil kembali ke jalurnya di periode berikutnya. Yang kedua adalah margin pressure dimana GPM menurun karena perusahaan belum bisa fully pass on kenaikan bahan baku ke customer. Namun sekarang adalah valuasinya sudah turun, yang me reflect hal negatif tersebut, apakah dia menarik?


Pass on: Aman

Saya pribadi mengkategorikan SIDO sebagai perusahaan yang memiliki brand equity, sama seperti ICBP. Bila ada kenaikan bahan baku, cepat atau lambat perusahaan pasti bisa menaikan harganya. Dan masyarakat apakah akan kabur ke kompetitor seperti Antangin? I don't think so. And kita tahu kalau orang rela membayar lebih untuk kesehatan bukan? Jadi cepat atau lambat margin SIDO akan back on track. Pertanyaan skrg adalah apakah mungkin margin expansion lagi? Terkait hal ini saya rasa tidak banyak room to grow untuk NPM SIDO, paling di 30%. 


Sales Growth + Valuation

Saya rasa cukup wajar bila kita mengasumsikan sales growth perusahaan di angka 13% per tahun. Maka dengan asumsi ini revenue di 2024 adalah 5,8T. Dengan NPM 30%, maka laba bersih perusahaan 1,74T. Bila anda berasumsi PE wajar di angka 15, maka SIDO akan dihargai di 870/ lembar. Bila anda berasumsi PE wajar di 20x, maka valuasi SIDO adalah 1160/ share. Maka saya pribadi menilai valuasi sekarang meski sudah diskon, namun masih nanggung. Apalagi bila kita memiliki opsi untuk berinvestasi di MAPA yang kinerja Q2 nya naik drastis, jumlah gerai bertumbuh pesat, dan PE annualized nya cuma 9,2x. Apakah SIDO a better investment than MAPA at this current valuation? Silahkan jawab sendiri. Sekian untuk kali ini dan selamat sore.


Salam Cuan,

Filbert

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023