Buka Franchise vs. Saham

Sejak hari pertama saya berinvestasi, saya rutin melakukan top up rutin setiap bulannya ke RDN dari penghasilan bulanan saya sebagai guru mat. Uniknya hampir setiap saya top up, saya memiliki investment ideas mau beli saham apa. But kemarin saya benar benar bingung mau beli saham apa (I never hold cash, jangan ditiru. Idealnya hold 30% cash ya). 

Lalu saya terfikir mengapa tidak buka franchise? Namun tentu saya cari yang capital investmentnya tidak terlalu besar. Ada 2 options yang datang ke pikiran saya. Btw nanti kt adjust perhitungan ya, simple kok.


1. Franchise Smokey Kebab (by Baba Rafi). Investment awal 36 juta dan kita tinggal cari tempat. Saya lampirkan perhitungan BEP dari franchisor dibawah. Ada beberapa masalah yg perlu 

*Lokasi. Untuk lokasi saya kepikiran buka di mal dekat rumah saya, namanya MOI. Lebih tepatnya di foodcourt di lantai bawah seperti yang terlampir difoto. Lokasi kecil tentu ideal. Asumsi sewa 3 juta per bulan.

*Pegawai. Untuk karyawan kita sendiri yang cari, lalu mereka sediakan training. Lalu bila ingin buka di mal maka akan butuh 2 pegawai (1 pegawai tiap shift) karena jam buka adalah Senin-Minggu 10.00-22.00. Gaji pegawainya berapa? UMR DKI skrg 4,5 juta. Artinya ada expense 9 juta. Beda jauh ya dengan asumsi franchisor yang 1,7 juta. Nanti kt adjust itungannya di akhir.

*Time investment. Kalau di saham kita bisa tinggal tidur, manajemen yang kerja. Kalau di franchise tentu saya maunya yg autopilot dong, biar tidak mengganggu daily activities saya. Berbeda dengan Indomaret yg autopilot, kok kayak unlikely ya untuk bisnis ini. 


Sekarang mari kt lakukan update hitungan. Biaya sewa+ Gaji+ Others= 3 jt+ 9 jt+ 500K= 12,5 jt. Dengan asumsi GPM 53%, artinya kt butuh omzet 23,6 juta atau 790K per hari untuk break even. Bagaimana bila mau laba 5 juta per bulan? Ya artinya kt butuh omzet senilai 33 jt per bulan atau 1,1 jt per hari. Kok agak berat ya kesannya, mengingat ASP 20K/ kebab.


Atas pertimbangan tersebut, saya menilai kalau potensi reward yg dihasilkan dibandingkan dengan risk yg ditawarkan kurang menarik. Ada ide franchise lain yg minim capex and cepat balik modal ga? Ada, namanya RELX (Rokok elektrik), modal mulai dari 55 jt. Di kota kecil masih sedikit, namun di JKT di setiap mal sdh ada. And ini produk sangat diminat masyarakat lo, dia buka di lokasi bagus smua. Cuma karena moral code, saya tidak mengambil opportunity ini. Anda bisa coba googling, siapa tau tertarik.


Jadi akhirnya dananya kemana? Saya top up porsi spekulasi (jangan ditiru). And tambah MEDC sedikit kemarin. Kalau ada ide franchise lain, boleh di share di comment ya. Terima kasih dan selamat menikmati hari Sabtu.

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023