Prospek Saham PT. Indah Kiat Pulp & Paper (INKP)

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas INKP yang LK nya rilis tadi pagi. Kinerja Q2 perusahaan sangat bagus, namun lucunya harga sahamnya malah turun hari ini. Sebetulnya ini bukan pertama kalinya perusahaan rilis LK bagus, namun harganya tetap disitu situ saja. Sehingga pertanyaan yg harus kita tanyakan adalah apakah ada opportunity di INKP?


Overview

INKP adalah satu dari 4 perusahaan yang tergabung dalam Asia Pulp & Paper (APP) milik Sinarmas, dimana APP sendiri merupakan salah satu pemain kertas terbesar di Asia. Pendapatan perusahaan berasal dari 3 lini usahanya yaitu kertas budaya (32%), pulp (28%), dan kertas industri (40%). Secara geografis penjualan perusahaan utamanya ke Indonesia dan Asia, dimana daerah tersebut berkontribuso terhadap 84% revenue perusahaan. Secara growth perusahaan bisa dibilang slow growth dengan pertumbuhan revenue 5%/ tahun pada periode 2017-2022. Salah satunya karena industrinya yang biasa biasa saja, dan juga dikarenakan size INKP yang sudah besar. Ingat small companies have big moves, big companies have small moves.


Financial Check Up

Dalam hal ini saya akan menilai dari sisi Operating Cash Flow dan juga Gearing Ratio. OCF perusahaan selalu positif dan gearing berada di angka 66% dimana angka tersebut bisa dibilang not bad, but not good juga (biasa aja). 


Cash Conversion Cycle

Untuk perusahaan manufaktur, kita perlu mengecek CCC. Hal ini guna menghindari jebakan LK yaitu piutang dan persediaan yang menumpuk. Untuk INKP sendiri angkanya adalah DIO= 139 hari, DSO= 163 hari, DPO= 23 hari yang berarti CCC perusahaan adalah 279 hari. Bila menggunakan angka 180 hari sebagai benchmark (semakin rendah semakin bagus), maka untuk INKP bisa dibilang not so good.


Demand Paper

Akankah demand paper menurun dikarenakan kita beralih ke paperless environment? Tanda tangan skrg bisa dari ipad and hp, ebook semakin bertumbuh, dan koran semakin menurun. Memang betul demand di satu sisi menurun, namun ditutupi oleh kenaikan demand terkait packaging. Yes dia kecipratan booming E Commerce juga. Sehingga kita tidak perlu concern untuk yang satu ini. Secara quantity perusahaan cenderung flat. Lantas mengapa di Q2 ini revenue nya melonjak? Yes hal tersebut dikarenalan ASP nya yg naik (INKP ini semi cyclical). Untuk ASP bisa dilihat dari ini 2 link dibawah ini.


-Norexco

-Tokyo Pulp & Paper


Valuation

ROE INKP berfluktuasi dari tahun ke tahun dengan rata rata 11% (+-5%). Hal tersebut dikarenakan ASP perusahaan yang juga berfluktuasi mengikuti pasar. Company sekualitas dia pantas dihargai brp? Kalau saya pribadi cenderung krg suka emiten gede and slow growth seperti ini. Maka saya bilang PER wajarnya di angka 6 or 7x. Sebagai patokan saya nilai BNGA di 7,5x, POWR di 8x.


Tinggal questionnya berapa EPS wajar dia? Apakah wise bila kita gunakan 2146 dimana angka ini merupakan 22Q2 annualized? Saya menilai hal tersebut kurang wise karena skrg lagi peaknya dia, dan menilai EPS wajar di angka 1500. Maka harga wajar perusahaan didapat dengan mengalikan 6,5*1500=9750. Oleh karenanya dimata saya, saya merasa potensi upsidenya kurang menarik. 


In summary, saya pribadi memang lebih tertarik dengan emiten fast grower (wealth compounder) dibanding emiten besar yang sudah established seperti INKP ini. Namun ada juga teman saya yang fans berat INKP, namanya juga beda orang beda selera kan. Bagaimana dengan anda? Apakah anda tertarik dengan INKP? Sekian untuk kali ini dan selamat malam.


Salam Cuan,

Filbert

Comments

Popular posts from this blog

Principles for Investing

6 Types of Company (Value Investing: Lesson 1)

Pengalaman Jatuh Bangun 2023